Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp 90 Ribu

0
101

 

YOGYA (KRjogja.com) – Harga komoditas cabai, khususnya cabai rawit merah dan cabai merah baik keriting maupun besar mengalami lonjakan sangat signifikan selama tiga tahun terakhir ini. Kenaikan harga tersebut disebabkan cuaca ekstrim yang berlangsung lama serta banyaknya permintaan konsumen terutama untuk keperluan hajatan.

 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM DIY, Riyada Ida Bagus Salyo Subali kepada KRjogja.com, Senin (29/12/2014). Di sejumlah daerah yang tidak memproduksi cabai justru kenaikannya sangat tinggi hingga di atas Rp 100 ribu per kilo, sedangkan di DIY juga tinggi namun masih ada panen atau produksi lokal.

 

“Kenaikan sangat mencolok dialami cabai rawit merah yang sebelumnya Rp 72.300 menjadi Rp 89 ribu atau hampir Rp 90 ribu per kilo. Kenaikan disusul cabai merah keriting yang naik dari Rp 66.700 menjadi Rp 70 ribu per kilo dan cabai merah besar daro Rp 70 ribu menjadi Rp 72 ribu per kilo, yang turun justru hanya cabai rawut hijau dari Rp 33 ribu menjadi Rp 29 ribu per kilo,” tutur Riyadi.

 

Riyadi menjelaskan selama tiga tahun terakhir ini harga komoditas cabai mengalami kenaikan paling menonjol dibandingkan komoditas bahan pokok makanan yang lainnya. Sebab musim kering tahun ini cukup panjang dan terlalu ekstrim sehingga produktivitas cabai menurun. Meskipun saat ini sudah mulai ada yang panen cabai, namun harga cabai masih bertahan di level tinggi.

 

“Harga cabai di DIY masih di bawah Rp 100 ribu, meskipun sudah menyentuh di level Rp 90 ribu per kilo. Hal ini disebabkan kebutuhan masyarakat memang naik selain ini musim liburan akhir tahun juga banyak masyarakat yang mengadakan hajatan,” imbuhnya.

 

Menurutnya kenaikan harga sembako kali ini masih relatif dalam batas kewajaran karena permintaan hanya meningkat di kisaran 10 persen dan harga juga tidak lebih dari 10 persen. Sedangkan untuk pasokan sembako tetap dipastikan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga pergantian tahun nantinya.

 

Sumber: krjogja.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here