Mengapa Risma Begitu Peduli pada UKM, Ini Jawabannya

0
31

 

Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mendorong pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa bertahan dan bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

 

Wali Kota Tri Rismaharini juga berharap hasil penjualan produk UKM bisa membantu ekonomi keluarga.

 

“Kita harus antisipasi, kita harus duluan jangan sampai diambil negara lain. Tapi mereka (pelaku UKM) juga harus aktif memasarkan meski kita juga bantu untuk menjualkannya,” kata Wali Kota Risma disela sela peringatan Hari Ibu di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Minggu (21/12/2014).

 

Wali kota yang diusung PDIP ini akan terus memberikan treatment bagi pelaku UKM untuk mencapai pasar menengah atas dengan tidak menurunkan kualitas produk industri kreatif.

 

“Karena saya yakin mereka sudah mampu menguasai pasar menengah-bawah,” kata Risma.

 

Untuk itu, Risma mengaku lebih memilih kaum hawa untuk dijadikan Pahlawan Ekonomi melalui industri kreatif UKM. Alasannya, kaum hawa lebih ulet dan kreatif, serta tidak mudah menyerah.

 

“Sekarang sudah ada 1.900 pahlawan ekonomi yang didominasi kaum perempuan yang sebetulnya ada 4 ribu lebih karena mereka tergabung di 2 ribuan kelompok. Ada yang perorangan ada berkelompok dengan banyak anggota,” imbuh Risma.

 

Selain itu, Risma juga akan memikirkan cara ketika industri kreatif UKM bisa memenuhi kebutuhan pasar ketika mendapat pesanan banyak serta harga bahan baku yang murah sehingga bisa bersaing harga di pasaran.

 

Mantan Kepala Bappeko Surabaya ini mengungkapkan kontribusi industri kreatif UKM bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih kecil. Namun, ia sangat yakin dengan meningkatkany perekonomian masyarakat akan mempengaruhi finansial masyarakat Surabaya.

 

“Kalau pendapatan mereka meningkat, mereka akan makan di restoran, belanja di pusat perbelanjaan. Kan kena pajak, nah itu kan masuk ke kita,” pungkas Risma.

 

Sumber: Detik.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here