Banyak Produk UKM Halal, Cimahi Diganjar Halal Award

0
91

 

CIMAHI, (PRLM).-Banyak produk UKM bersertifikat halal, Kota Cimahi meraih Halal Award dari Pemprov. Jabar. Pencapaian sertifikat halal memberi jaminan kepada masyarakat terutama umat muslim akan makanan yang dikonsumsi halal secara agama Islam.

 

Penerima Halal Award tahun 2014 di Prov. Jabar diserahkan untuk 6 kab/kota, terdiri dari Kota Cimahi, Kabupaten Subang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, kabupaten Karawang dan Kabupaten Bogor. Penghargaan Halal Award diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat di gedung Pusdai Jl. Diponegoro Kota Bandung, (9/12/2014).

 

Menurut Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi Huzen Rachmadi, penghargaan Halal Award diberikan atas dukungan pemerintah daerah dalam memfasilitasi sertifikasi halal bagi produk UKM dan IKM.

 

Selain itu, menunjukkan kesiapan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) agar produk UKM asal Cimahi bisa bersaing dengan produk dari berbagai daerah bahkan negara lain.

 

“Tentu kami menginginkan, agar betul-betul yang dikonsumsi oleh masyarakat di Cimahi itu terjamin kehalalannya,” katanya

 

Setifikat halal juga menjadi strategi pemasaran produk UKM. “Jadi nanti UMKM yang produknya di kuliner tidak hanya Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), tetapi juga mencantumkan nomor sertifikat halal dalam kemasannya. Sehingga kemasannya akan lebih baik dan lebih tenang bagi masyarakat untuk bisa berdagang dan mengkonsumsi makanan itu,” ucapnya.

 

Sedikitnya 259 produk UKM di Kota Cimahi sudah meraih sertifikat halal. Sertifikasi halal ini akan tingkatkan lagi, dari tahun ke tahun terus diprogramkan agar semakin banyak UKM yang memproses sertifikat halal.
Selain itu, Diskopindagtan Kota Cimahi akan melakukan pembinaan atau supervisi pada produk yang belum menggunakan produk halal.

 

“Kami lihat dari data, sosialisasi ke pelaku UKM yang layak untuk memproses sertifikat halal. Tentunya sudah memiliki nomor register PIRT. Di bawa sampelnya ke MUI dan diperiksa, kemudian dikeluarkan nomor sertifikat halal secara gratis,” katanya.

 

Sumber: Pikiran-rakyat.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here