Pelaku UMKM Masih Keluhkan Sulitnya Gas 3 Kg

0
17

 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG – Sejumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Magelang dan warga masih mengaku kesulitan mendapatkan gas elpiji 3 kilogram (kg). Padahal, Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang telah menambah alokasi gas bertabung melon ini sebanyak 9.948 tabung atau 7 persen dari alokasi normal.

 

“Gas elpiji 3 kg sampai saat ini masih sulit dicari. Sangat mempengaruhi aktivitas kami sebagai pelaku usaha kecil,” kata pemilik usaha Keripik Jaya Makmur, Esti Widayati.

 

Dia menambahkan, gas elpiji 3 kg sangat vital untuk proses produksi. Ia sendiri menggunakan gas tersebut untuk produksi aneka keripik sayuran dari paru daun singkong, terong, hingga daun seledri. Dalam sehari, ujarnya, biasanya dikirim 5-7 tabung untuk menyalakan 7 kompor dengan hasil 20 bal perhari.

 

“Tapi, akhir-akhir ini hanya dikirim 3 tabung saja. Akibatnya, kami hanya bisa menyalakan 3 kompor saja. Meski mendapat kiriman, harga yang harus dibayar lebih mahal Rp 1.500 pertabung menjadi Rp 18.500 per tabung,” kata Esti.

 

Akibat kelangkaan ini, beberapa pesanan dari Temanggung terpaksa dibatalkan. Hal itu lantaran, dirinya tidak bisa melakukan produksi secara maksimal, sehingga pesanan banyak yang dibatalkan. Kondisi ini diperparah dengan beberapa bahan baku yang juga naik harganya, seperti daun seledri yang harganya melambung.

 

Dia juga mengaku, tidak bisa menggunakan gas 12 kg dengan alasan ongkos produksi akan membengkak. Dia mengaku sulitnya gas elpiji ini sudah berlangsung beberapa waktu lalu. Sejauh ini, ujarnya, pelaku UMKM belum mendapatkan keterangan dan alasan sulitnya mendapatkan pasokan gas tersebut. Hal serupa, ujarnya, juga dialami 16 pelaku UMKM lain yang tergabung dalam KUB Jaya Abadi Kota Magelang.

 

“Para pengecer ataupun pangkalan gas tidak bisa menjelaskan kelangkaan gas ini. Ada yang bilang kirimannya kurang, ada juga yang bilang permintaan tinggi. Padahal, usaha kami bergantung pada gas elpiji,” ujar Ketua KUB Jaya Abadi Kota Magelang ini.

 

Sumber: Tribunnews.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here