MEA Sudah Dekat, SDM Indonesia Masih Perlu Ditingkatkan

0
92

Jakarta, HanTer – Direktur Industri Kecil Menengah (IKM) wilayah tiga Kementerian Perindustrian, Endang Suwartini, menyatakan, untuk meningkatkan daya saing dan antisipasi menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, diperlukan peningkatan SDM yang handal.

 

“Implementasi Asean China Free Trade Area (ACFTA) 2010 dapat dijadikan pelajaran, dimana banyak pihak yang belum siap karena lemahnya koordinasi dan perencanaan sebelum pemberlakuan ACFTA,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (2/12/2014).

 

Endang menjelaskan, saat ini IKM di Indonesia merupakan salah satu kekuatan besar dan terdepan dalam pembangunan ekonomi, IKM cukup fleksibel dan mudah beradaptasi dengan pasang surutnya permintaan pasar.

 

“Jika dilihat berdasarkan jumlah unit usaha IKM, saat ini terdapat 3,4 juta dan menyerap tenaga kerja 9,14 juta orang, dimana sekitar 75 persen di antaranya berkembang di Pulau Jawa, sedangkan 25 persen sisanya berada di luar Pulau Jawa,” tutur Endang.

 

Kemenperin lanjut Endang, menggencarkan program peningkatan daya saing IKM, termasuk mengatasi kelemahan yang ada, diharapkan porsi IKM di luar Pulau Jawa akan naik menjadi 40 persen pada tahun 2014.

 

Agar semua itu dapat tercapai, menurut Endang, pihaknya berharap agar kepengurusan Kamar Dagang Indonesia (Kadin)  mampu menjadi organisasi yang berpihak kepada semua pelaku usaha dan dapat bersinergi untuk memperkuat sektor industri besar yang saat ini masih terdapat hambatan. IKM menghadapi inkonsistensi kualitas yang sesuai standar dan mutu.

 

“Upaya pengembangan IKM, Kemenperin telah berupaya melakukan peningkatan kemampuan SDM IKM melalui berbagai pelatihan dan dampingan, serta memberikan fasilitas berupa bantuan mesin peralatan dalam program revitalisasi dan restrukturisasi, selain itu juga diberikan fasilitas untuk mengikuti pameran dalam dan luar negeri,” ucap Endang.

Kemenprin menurut Endang juga kerap melakukan pameran-pameran IKM bekerjasama dengan beberapa pihak terkait.

 

“Mudah-mudahan Kadin dapat lebih meningkatkan keberadaanya dalam membina dan memfasilitasi pelaku IKM,” ungkapnya.

 

Sumber: Harianterbit.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here